Google+ Followers

Selasa, 19 Februari 2013

SENI PATUNG




                                                       ''SENI PATUNG''
  
 





A.     Pengertian Patung
Patung merupakan karya seni rupa tiga dimensi. Kamus Besar Indonesia bertuliskan bahwa, patung adalah benda tiruan bentuk manusia dan binatang yang cara pembuatanya dipahat pengertian ini didasarkan terjemahan dari bahasa inggris SCULPTURE, karena pematung jaman dahulu menggunakan teknik pahat.
Seni patung disebut juga plasticart atau seni plastic, mudah dibentuk sesuka hati. Seni patung bisa di artikan sebagai seni bentuk (bentuk-bentuk yang memiliki keindahan)
B.     Tujuan Pembuatan
Seni patung pada zaman dahulu di buat untuk kepentingan keagamaan, pada jaman hindu dan budha, patung di buat untuk menghormati dewa atau orang yang di jadikan teladan. Pada perkembangan selanjutnya patung di buat untuk monumen/ peringatan suatu peristiwa besar pada suatu bangsa, kelompok atau perorangan.
Pada jaman sekarang seni patung sering di ciptakan untuk hiasan penciptanya lebih bebas dan bervariasi dan seni patung itu di ciptakan untuk dinikmati nilai keindahan bentuknya.
Secara umum berdasarkan pembutanya seni patung ada 6 macam yaitu :
·            Patung religi, untuk sarana beri badah,bermakna religius.
·            Patung monument, untuk peringatan peristiwa bersejarah atau jasa seorang pahlawan.
·            Patung arsitektur, patung yang ikut aktif berfungsi dalam kontruksi bangunan.
·            Patung dekonasi, untuk menghias bangunan atau lingkungan taman.
·            Patung seni, patung seni untuk di nikmati keindahan bentuknya.
·            Patung kerajinan, hasil dari para pengrajin.


C.     Corak dan jenis patung
Pada masa lampau sudah dikenal patung primitive seperti patung asmat di irian jaya dan sulawesi selatan (tanah toraja). Pada masa kerajaan hindu budha di jawa dan bali banyak sekali di temukan hasil karya seni patung terutama di candi hindu dan budha yang bercorak tradisional.



   Penampilan karya patung bermacam-macam jenisnya, hal ini dapat kita saksikan                dirumah, di taman atau di museum. Jenis karya patung dapat di bedakan menjadi 3  
1.                    Patung dada
Patung dada adalah penampilan karya patung sebatas dada ke atas atau bagian kepala.
2.                     Patung torsa
Torsa di sebut juga badan.patung torsa adalah penampilan karya patung yang hanya menampilkan bagian dada,dari dada, pinggang, dan panggul.
 
3.                   Patung lengkap
Penampilan karya patung lengkap maksudnya terdiri dalam badan, anggota badan, anggota badan bagian atas dan bagian bawah serta kepala.
 
D.     Media Pembuatan Patung
Media seni patung adalah berupa bahan, alat, dan teknik yang diperlukan dalam seni patung.
           
Bahan seni patung dapat di bedakan menjadi tiga yaitu :
a   Bahan lunak
Yang dimaksud bahan lunak adalah material yang empuk dan mudah di bentuk misalnya: tanah liat, lilin, sabun. Tanah liat yang baik harus bersih dari kerikil, akar, rumput, dll. Daya susut tanah tidak lebih dari 10%,supaya kalau sudah kering tidak pecah/ hancur,tanah liat harus juga cukup elastis artinya mudah di bentuk, tidak telalu lembek atau terlalu keras. Untuk bahan plastisin (lilin) mudah dapat di took, tingkat plastisinya bermacam-macam, ada yang sangat lembek, cukup lembek, dan agak lembek. Bahan sabun mudah di bentuk,akan tetapi ukuranya kecil, kita tidak bisa berkarya lebih besar.
b   Bahan sedang
Artinya bahan itu tidak lunak dan tidak keras. Contohnya : kayu waru, kayu sengan, kayu randu,dan kayu mahoni.
c     Bahan keras
Bahan keras dapat berupa kayu atau batu-batuan. Contohnya : kayu jati, kayu sonokeling dan kayu ulin. Bahan batu-batuan antara lain batu padas, batu granit, batu andesit, dan batu pualam (marmer).
Selain bahan-bahan tersebut masih ada bahan yang dapat dipergunakan untuk membuat patung yaitu semen-pasir, gips, kuningan, perunggu, emas dan sebagainya.
    
 
Setelah memaparkan isi pada bab-bab yang sebelumnya, penulis mendapatkan kesimpulan yang berkaitan dengan isi karya tulis ini. Penulis dapat menyimpulkan isi karya tulis ini sebagai berikut.

·         Seni patung dapat di lakukan di rumah sebagai pekerjaan sampingan.
·         Seni patung juga dapat mengepresikan karya sendiri.
·         Seni patung membuat rumah kita nampak lebih indah dan nyaman untuk di lihat.
·         Seni patung dapat menumbuhkan rasa kemandirian kita.
Semoga artikel ini dapat bermanfaat.....